Faktor – faktor
dalam mendesain suatu kemasan :
1)
Faktor Keamanan
Dimana
kemasan harus mampu melindungi produk terhadap berbagai kemungkinan yang dapat
menjadi penyebab timbulnya kerusakan barang.
2) Faktor
Ekonomi
Suatu
kemasan akan bernilai ekonomi apabila kemasan sedemikian rupa yang mampu meningkatkan
citra produk.
3) Faktor
Pendistribusian
Kemasan
harus mudah terdistribusi dari produsen atau pabrik sampai ke tangan konsumen
dan ditangan konsumen pun suatu barang mudah dipindah – pindahkan karna
kemasan.
4) Faktor
Komunikasi
Kemasan
adalah sebagai media komunikasi yang menerangkan dan mencerminkan suatu produk
serta mengkomunikasikan iklan merek
5) Faktor Estetika
Kemasan
suatu produk harus memiliki nilai keindahan yang merupakan daya tarik visual
yang mencakup pertimbangan penggunaan warna, bentuk, bahan, ilustrasi, font
atau layout serta mudah diingat
6) Faktor
Identitas
Secara
keseluruhan kemasan harus mampu menjadi pembeda dengan kemasan lain, sehingga
mudah dikenali diantara banyak produk serupa
7) Faktor Promosi
Secara
langsung yang dilakukan oleh perusahaan untuk menaikkan nama barang
8) Faktor Lingkungan
Kemasan
harus memperhatikan dampak lingkungan dari bahan yang digunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar